You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DPPAPP DKI Gelar Webinar Pola Asuh dan Asi Berkualitas Cegah Stunting
.
photo Folmer - Beritajakarta.id

Dinas PPAPP DKI Gelar Webinar Pola Asuh dan Asi Berkualitas

Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta menggelar webinar bertema "Pola Asuh dan Asi Berkualitas: Generasi Sehat dan Cerdas".

Ibu juga wajib memberikan ASI eksklusif pada enam bulan pertama kehidupan

Webinar yang digelar melalui aplikasi zoom dan youtube ini diikuti ratusan peserta yang terdiri dari kader PKK, Dasawisma, dan kader posyandu se-DKI Jakarta.

Plt Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Rizky Hamid mengatakan, 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yaitu tahap janin sampai anak berusia dua tahun merupakan periode emas. Otak dan fisik anak mengalami perkembangan yang sangat pesat serta kepribadian dan pembentukan pola perilaku, sikap, dan ekspresi emosi anak. Pada periode tersebut perlu perhatian secara khusus oleh orang tua dengan menerapkan pola pengasuhan yang baik bagi anak-anak.

Pemprov DKI Ajak Semua Berpartisipasi Aktif Turunkan Angka Stunting

“Ibu juga wajib memberikan ASI eksklusif pada enam bulan pertama kehidupan tanpa disertai makanan atau minuman lainnya. Sebab, ASI mengandung banyak manfaat seperti, memberikan nutrisi kepada bayi, meningkatkan sistem imun dan perkembangan otak, ibu menjadi lebih sehat, serta memperkuat hubungan antara ibu dan anak," ujar Rizky Hamid, Senin (26/6).

Dalam menjalankan peran sebagai ibu menyusui (busui), lanjut Rizky, seorang perempuan harus mendapatkan dukungan penuh dari suami ataupun keluarga terdekat sebagai support system agar tingkat keberhasilan menyusui menjadi tinggi. Hubungan yang harmonis dan ibu menyusui yang bahagia, mampu meningkatkan kerja hormon oksitosin yang memperlancar produksi ASI.

"Kesuksesan pemberian ASI eksklusif, tentunya memberikan nutrisi yang cukup serta sistem kekebalan tubuh yang kuat kepada si kecil," paparnya.

Ia memaparkan, anak tidak sekadar memerlukan nutrisi dan gizi dalam proses tumbuh kembang.  Proses pertumbuhan dan perkembangan tiap anak harus berjalan optimal dan tidak lepas dari tiga kebutuhan dasar yakni Asuh, Asih, dan Asah.

Asuh meliputi nutrisi dengan gizi seimbang, perawatan kesehatan dasar, sandang, pangan, dan papan. Asih adalah kebutuhan anak akan kasih sayang, perhatian, penghargaan, pujian serta tanggung jawab kemandirian. Dan asah dapat meningkatkan perkembangan mental psikososial anak seperti kecerdasan, kreativitas, kepribadian, moral dan etika.

“Jangan lupa memberikan kebutuhannnya dengan cara yang tepat sesuai umur untuk mencegah terjadinya gangguan tumbuh kembang pada anak yang bisa mempengaruhi masa depan di antaranya malnutrisi, wasting ataupun stunting," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1212 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1035 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye816 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye769 personBudhi Firmansyah Surapati